iri-ciri Hewan Unggas

hewan unggas
sumber:blogsport.com
Setelah kita mengetahui pengertian dari hewan unggas. Alangkah baiknya apabila kita juga mengetahui bagaimana ciri-ciri hewan unggas. Agar kita bisa membedakan hewan yang tergolong hewan unggas dengan hewan yang bukan termasuk golongan hewan unggas.
  1. Biasanya memiliki bulu yang menutupi tubuhnya.
  2. Hewan unggas memiliki jantung dengan empat ruang: bilik kanan, bilik kiri, serambi kanan dan serambi kiri.
  3. Kebanyakan hewan unggas bernafas menggunakan paru-paru. Akan tetapi ada sebagian hewan unggas yang memiliki alat bantu perafasan yaitu pundi udara, untuk membantunya saat terbang.
  4. Pada umumnya berkembang biak dengan cara ovipar (Bertelur).
  5. Cara fertilisasinya yaitu dengan fertilisasi internal.
  6. Termasuk dalam golongan hewan yang berdarah panas atau homoioterm.
  7. Pada umunya memiliki organ gerak berupa sepasang kaki dan sepasang sayap. Meskipun ada beberapa hewan unggas yang tidak bisa terbang. Hal ini dikarenakan yang tidak bisa terbang tidak memiliki kantong udara pada sayapnya.

Jenis-Jenis Hewan Unggas

Setelah mengetahui tentang pengertian dan ciri-ciri hewan unggas akan lebih lengkap apabila kita juga mengetahui jenis-jenisnya. Kerena kebanyakan hewan unggas berada disekitar kita, untuk lebih jelasnya mari kita memasuki materi tentang jenis-jenis hewan unggas.

1. Angsa

hewan unggas
sumber:sumber.com
Angsa adalah sejenis burung yang hidup di air yang memiliki ukuran yang besar, hewan ini berasal dari genus Cygnus. Angsa adalah hewan terbesar dari golongan keluarga anatidae. Sekaligus salah satu burung terbesar yang bisa berenang dan juga bisa terbang.
Spesies terbesar dari angsa adalah angsa putih, angsa trompet dan angsa whooper. Yang panjang  tubuhnya bisa mencapai 60 inci dan mempunyai berat 50 pound. Selain itu angsa jenis ini juga memiliki leher dan kaki yang lebih besar.
Angsa yang telah dewasa memiliki ciri khusus, yaitu mata dan paruhnya tidak ditutupi bulu. Tetapi spesies angsa jantan mirip dengan spesies angsa betina untuk menunjukkan sifat dimorfisme seksual. Pada umumya angsa jantan memiliki ukuran tubuh lebih besar dari angsa betina.
Angsa pada umumnya hidup di daerah dengan iklim tropis sedang dan jarang berada pada daerah tropis. Lima jenis angsa tersebar di bumi bagian utara, satu jenis hidup di Negara Australia. Dan sisanya tersebar di seluruh Benua Amerika.
Angsa juga termasuk dalam keluarga hewan pemakan rumput (Herbivora) . Walaupun angsa juga sering memakan hewan-hewan akuati kecil yang hidup disekitar habitatnya. Hewan ini dapat hidup di daerah perairan atau hidup di daerah darat.

2. Bebek

hewan unggas
sumber:blogsport.com
Bebek atau juga biasa dengan sebutan itik adalah hewan unggas selanjutnya. Bebek adalah burung akuatik yang memilliki ukuran badan lebih kecil dari angsa. Bebek bisa hidup di darat maupun di air, akan tetapi bebek akan lebih banyak di temukan di perairan air tawar.
Bebek kadang-kadang disamakan dengan beberapa burung air yang lain yang mempunyai bentuk serupa dengannya. Seperti loon grebegallinulecoot dan masih banyak lagi. Beberapa jenis bebek juga biasa melakukan kawin silang, namun hasilnya cenderung tidak stabil.
Bebek memiliki tubuh berlekuk, lebar dan memiliki leher yang relative panjang. Paruhnya berbentuk lebar yang mengandung lamellae untuk menyaring makanan. Tetapi pada jenis bebek penangkap ikan, mempunyai paruh lebih panjang dan lebih kuat.
Bebek memakan berbagai macam makanan seperti rumput, cacing, ikan, serangga, tanaman air dan lain-lain. Untuk jenis bebek penyelam dan bebek laut mereka mencari makan di dalam air. Untuk memudahkan mereka menyelam, mereka mempunyai massa yang lebih besar dari bebek jenis lain.

3. Tinamus

hewan unggas
sumber:wikiwand.com
Tinamus adalah ayam liar yang merupakan hewan asli Amerika Serikat, termasuk dalam ordo timamidae. Hewan tinamus adalah salah satu unggas yang termasuk dalam golongan neotropis di Indonesia. Populasi terbesar timanus ada di daerah Amerika Tengah, Amerika Selatan dan daerah Meksiko Selatan.
Tinamus mempunyai ciri-ciri tubuh agak beasr, leher langsing dan paruh yang pendek dan melengkung ke bawah. Hewan ini mempunyai habitat utama di atas pohon, dengan bertengger. Namun tinamus membuat sarang di atas permukaan tanah, dan telur hewan ini berwarna biru, hijau zaitun dan keungu-unguan.

Komentar

Postingan Populer