4. Burung Puyuh

hewan unggas
sumber:blosport.com
Hewan yang termasuk dalam keluarga unggas selanjutnya adalah burung puyuh. Burung puyuh memiliki ukuran tubuh menengan bahkan cenderung bertubuh kecil. Burung puyuh adalah hewan unggas daratan yang kecil namun memiliki perut yang gemuk.
Pada umumnya burung puyuh adalah salah satu hewan yang tergolong dalam hewan pemakan biji-bijian. Selain pemakan biji-bijian burung puyuh juga pemakan serangga atau hewan kecil lainnya. Karena paruh yang dimiliki burung puyuh kecil dan melengkung ke bawah.
Burung puyuh biasa membuat sarang dan hidup dipermukaan tanah. Tetapi jangan salah burung puyuh termasuk burung  yang memiliki kemampuan untuk terbang dengan tinggi. Akan tetapi dengan jarak tempuh yang pendek, tidak seperti jenis burung lainnya.

5. Puyuh Salju

hewan unggas
sumber:konfrontasi.com
Puyuh salju atau dalam bahasa latin biasa dikenal dengan Anurophasis monorthonyx adalah hewan unggas selanjutnya. Puyuh salju memiliki panjang sekitar 28 cm, dan biasanya berwarna coklat gelap. Ini adalah satu-satunya burung yang termasuk dalam golongan genus anurophasis.

6. Itik Serati

hewan unggas
sumber;blogsport.com
Itik serati merupakan sejenis burung atau hewan unggas yang termasuk dalam keluarga bebek. Di negara kita hewan ini merupakan hewan yang paling banyak menjadi hewan ternak atau hewan peliharaan. Untuk dimanfaatkan daging dan telurnya karena memiliki kandungan protein yang tinggi.
Itik serati adalah hewan yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Itik jenis ini biasa hidup di alam liar seperti rawa-rawa, danau, sungai dan lain-lain. Perlu diketahui itik serati adalah hasil dari perkawinan silang antara bebek biasa dan itik.

7. Kalkun

hewan unggas
sumber:ilmuhewan.com
Ayam kalkun adalah sebutan untuk dua spesies burung yang memiliki ukuran tubuh besar. Hewan ini termasuk dalam keluarga galliformes genus meleagris. Spesies kalkun betina memiliki ukuran lebih kecil dari spesies jantan, dan tidak memiliki variasi warna pada tubuhnya.
Kalkun liar merupakan salah satu hewan yang di buru di Negara Amerika Utara. Akan tetapi kalkun jenis ini tidak sama dengan kalkul-kalkun yang sering kita jumpai. Karena kalkun jenis ini termasuk hewan yang gesit dan termasuk hewan yang bisa terbang.

8. Ayam

hewan unggas
sumber:ipbpakiga.com
Ayam adalah sejenis unggas yang sering dijadikan sebagai hewan ternak atau hewan peliharaan. Karena jenis unggas yang satu ini mempunyai banyak manfaat. Mulai dari telurnya, dagingnya dan kototannyapun bisa dimanfaatkan menjadi pupuk kompos.
Perkawinan silang antara ayam telah menghasilkan berbagai jenis ayam di muka bumi ini. Dan ayam yang paling terkenal dan yang sering kita temui adalah jenis ayam petelur. Ayam peliharaan juga sering dikawinkan dengan ayam hutan yang menghasilkan jenis ayam bekisar.
Pada tahun 2003 jumlah populasi ayam yang hidup diseluruh dunia sejumlah 24 milyar ekor. Encyclopaedia mengatakan bahwa jumlah ini lebih banyak dari jumlah burung yang ada di dunia. Ayam mempunyai dua sumber protein dalam makanan yaitu pada telur dan dagingnya.
Sebagai hewan peliharaan, ayam memiliki kemampuan beradatasi sangat baik. Ayam juga sangat adaptif atau dapat disebut dengan hewan yang bisa hidup di sembarang tempat. Dengan syarat tempat itu mempunyai sumber makanan bagi ayam, ayam juga termasuk golongan hewan pemakan segala.

9. Ayam bekisar

hewan unggas
sumber:infopeternakan.com
Ayam bekisar adalah hasil perkawinan antara dari ayam hutan dengan ayam kampung. Ayam jenis ini memiliki ukuran tubuh lebih kecil dibandingkan dengan ayam kampung jantan. Bulu ayam bekisar berwarna hitam kehijauan dan mengkilap.
Karena ayam jenis ini merupakan ayam perrsilangan dari dua jenis yang berbeda maka ayam ini mandul. Akan tetapi tidak semua ayam bekisar mandul, namun sebagian besar ayam ini mandul. Ayam bekisar memiliki ciri-ciri khusus yaitu bulu leher yang ujungnya bulat atau tidak berbentuk lancip.
Apabila ayam bekisar dibandingkan dengan ayam jago biasa, maka akan terlihat perbedaanya dengan jelas. Salah satu jenis ayam yang memiliki kesamaan fisik dengan ayam bekisar adalah ayam bekikuk. Bentuk dan posturnya sama namun kadang-kadang bulu lehernya berbeda.

Komentar

Postingan Populer