Ayam bekisar akan banyak kita temui di pulau Madura. Karena ayam bekisar adalah spesies asli Kota Sumenep. Tidak hanya itu ayam bekisar juga menjadi maskot fauna provinsi Jawa Timur.

10. Ayam Hutan

hewan unggas
sumber:blosport.com
Ayam hutan adalah ayam yang habitat aslinya berada di alam liar. Pada umumnya ayam jenis ini mempunyai beberapa kelebihan dari ayam jenis lain. Misal ayam ini merupakan jenis ayam yang bisa terbang walaupun dengan jarak tempuh yang pendek.
Ayam hutan merupakan salah satu hewan unggas yang tergolong pemakan segala, meski cenderung pemakan biji-bijian. Ayam hutan biasa hidup berdampingan atau hidup dengan berkelompok. Tidur dan bersarang di atas pohon, namun ketinggian pohon tergolong pendek.

11. Ayam Petelur

hewan unggas
sumber:blogsport.com
Ayam petelur adalah hewan unggas yang paling sering kita jumpai, karena banyak orang yang memeliharanya. Karena ayam jenis ini memiliki banyak manfaat dan mudah dalam cara perawatannya. Akan tetapi ayam jenis ini mudah terkena penyakit dan memiliki umur yang pendek.

12. Ayam Pelung

hewan unggas
sumber:situshewan.com
Ayam pelung adalah ras ayam lokal unggul yang berasal dari Kota Cianjur, Jawa Barat. Berbeda dengan ayam jenis lainnya, ayam pelung di pelihara karena memiliki bentuk tubuh yang indah. Selain itu juga karena ayam ini mempunyai suara yang panjang dan memiliki lagu.
Tetapi kebanyakan ciri-ciri di atas hanya di miliki oleh ayam yang berjenis kelamin jantan. Pada umumnya ayam jenis ini berukuran besar anatara 40-50 cm, dan berat 5-6 kg. Selain berukuran besar, ayam pelung juga memiliki bulu yang berkilau.

13. Ayam Hutan Hijau

Komentar

Postingan Populer